5 Tips Manajemen Finansial untuk Bisnis Rumahan

Pengelolaan finansial menjadi kunci penting bagi keberlangsungan sebuah usaha. Tak peduli sekecil apapun jenis usaha yang dikelola, manajemen finansial tetaplah penting untuk diperhatikan. Di era digital seperti sekarang ini, manajemen finansial bisnis semakin mudah untuk dilakukan. Ada software kasir yang siap membantu para pelaku bisnis dalam mengelola keuangan secara optimal.

Tips Kelola Keuangan

Bagi pelaku bisnis rumahan, penting sekali untuk mengelola finansial secara bijak. Sekecil apapun pemasukan yang diperoleh, jika dikelola dengan baik maka akan memberikan manfaat. Bisnis bisa lebih mudah berkembang berkat adanya pengelolaan dana yang akurat. Berikut adalah beberapa tips manajemen finansial yang cocok diterapkan pelaku bisnis rumahan:

1. Pisahkan Rekening

Tips yang pertama, cobalah pisahkan rekening pribadi dan rekening bisnis. Ini merupakan prinsip penting yang sebaiknya dipahami oleh para pelaku bisnis. Jika ingin mengelola keuangan bisnis lebih optimal maka sangat disarankan untuk memisahkan rekening bisnis dan pribadi agar tidak terjadi kebocoran dana.

 

Memisahkan rekening bisnis dan pribadi juga sangat bermanfaat karena mempermudah Anda untuk mengawasi kemajuan bisnis yang dijalankan. Jika rekening dibuat terpisah maka jumlah keuntungan yang diperoleh dapat dengan mudah diketahui. Selain itu riwayat transaksi juga lebih mudah dikontrol karena ada rekening bisnis sendiri.

2. Catat Arus Keluar dan Masuk

Sangatlah penting untuk mencatat arus keluar dan masuk demi pengelolaan keuangan yang lebih teliti. Rekam semua aktivitas transaksi baik uang yang masuk maupun keluar. Catat tanggalnya secara detail dan berikan keterangan transaksi. Pengawasan terhadap arus keluar dan masuk ini akan membantu Anda untuk mengetahui status laba rugi bisnis.

3. Gunakan Software Khusus

Sehubungan dengan poin sebelumnya, pencatatan arus keluar dan masuk bisa dilakukan dengan mudah pakai software khusus. Saat ini ada banyak pilihan software kasir yang mempermudah pencatatan arus masuk dan keluar. Software ini menyediakan sistem yang secara otomatis akan bekerja untuk mengelola keuangan bisnis Anda.

Software ini umumnya akan terhubung dengan mesin kasir fisik. Nantinya semua transaksi yang tercatat lewat mesin tersebut akan langsung terintegrasi ke dalam sistem. Jadi tak perlu repot-repot lagi mencatat transaksi maupun riwayat keuangan bisnis secara manual. Selain lebih praktis juga lebih akurat karena minim kesalahan jika dibandingkan dengan pencatatan manual.

4. Kumpulkan Semua Bukti Transaksi

Sangat penting untuk mengumpulkan semua bukti transaksi yang sudah Anda lakukan. Bukti-bukti ini nantinya bisa menjadi arsip yang akan mempermudah Anda dalam membuat laporan keuangan. Melalui bukti transaksi ini pula Anda bisa dengan mudah menelusuri uang masuk dan keluar. Nantinya bisa dievaluasi lebih lanjut apakah ada pengeluaran yang sifatnya tidak dibutuhkan.

5. Buat Laporan Rutin

Sekecil apapun skala bisnis Anda, buatlah selalu laporan keuangan rutin. Laporan ini bisa dibuat per bulan dan dievaluasi sebagai upaya untuk mengembangkan bisnis lebih besar lagi. Laporan rutin ini sebaiknya dibuat secara teliti dan dipastikan data-datanya lengkap serta akurat.

Anda bisa lebih mudah membuat laporan keuangan rutin dengan menggunakan software dari Olsera. Olsera menawarkan banyak kemudahan pengelolaan finansial untuk bisnis rumahan. Anda juga bisa mengatur operasional bisnis seperti penghitungan stok dan restock barang. Menariknya lagi, Olsera sudah terintegrasi dengan Tokopedia dan memperkenalkan fitur terbaru Akunting Olsera yang bisa berikan kenyamanan merchant dalam berbisnis.

Melalui Olsera yang sudah terintegrasi dengan Tokopedia, Anda bisa mengelola bisnis lebih cepat dengan adanya fitur Akunting Olseral, memungkinkan merchant untuk mengelola dan mendapatkan laporan akuntansi yang lengkap dan detail. Laporan tersebut adalah laporan laba rugi, laporan neraca, laporan perubahan modal dan arus kas, bahkan hingga laporan hutang piutang.

Semua serba otomatis, tanpa perlu menulis ulang laporan, sekarang memasukkan hutang piutang bisa langsung dari menu purchase dan sales di Olsera. Selain perihal data hutang piutang, merchant juga diberi keistimewaan, seperti halnya mengatur produk berdasarkan kategori produknya kini jadi lebih mudah. Baik itu kategori penjualan, pembelian, maupun inventori.

Software kasir yang satu ini akan memberi banyak kemudahan dalam hal manajemen finansial dan operasional sebuah bisnis. Daftar sekarang juga untuk menikmati berbagai kelebihan dan fitur menarik yang ditawarkan oleh Olsera!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Bisnis

Pengertian dan Manfaat Rasio Keuangan

Setiap keputusan yang diambil sebuah perusahaan yang mana di sini berhubungan dengan keuangan, umumnya akan melalui sebuah pertimbangan rasio keuangan. Rasio keuangan bisa menjadi salah satu alat yang penting untuk para pelaku usaha dalam memonitor kemajuan mereka di dalam mencapai tujuan perusahaan dan juga untuk dapat bersaing dengan para kompetitor. Analisis rasio ini dapat dilakukan […]

Read More
Bisnis

Go Online Bersama Software Akuntansi Olsera

Untuk Anda yang saat ini tengah mengembangkan bisnis baru atau startup dan mulai memperluas bidang bisnis ke ranah online, maka sangat disarankan untuk melakukan hal tersebut sesegera mungkin. Namun sebelum Anda memutuskan go online, terdapat beberapa aspek yang perlu untuk diperhatikan dimana hal tersebut nantinya bisa saja menurunkan penjualan Anda. Terkadang beberapa aspek ini tidak […]

Read More
Bisnis

Mengenal Apa Itu Jasa Backlink

Dalam dunia SEO, backlink dibutuhkan untuk menambah kekuatan atau authority sebuah website. Semakin tinggi authority website maka semakin bagus juga nilai website di mesin pencarian. Maka dari itu, para pemain website biasanya akan menggunakan berbagai cara agar website mereka mendapatkan backlink dari situs-situs lain, utamanya situs yang memiliki authority yang juga besar. Proses penanaman link […]

Read More