Apa itu Dasar Negara? Inilah Pengertiannya, Lengkap dengan Fungsi dan Macam-macamnya

Simak pengertian dasar negara lengkap dengan seluk beluknya. Setiap negara yang merdeka dan berdaulat, pasti memiliki alat kelengkapan negara. Satu di antaranya muncul konstitusi yang dijadikan sebagai dasar negara.

Yakni sebagai kedudukan dasar negara sebagai norma tertinggi di suatu negara. Dasar negara yang dimiliki setiap negara tentu berbeda beda. Hal tersebut terjadi karena pengaruh nilai nilai dan budaya dalam lingkungan sosial.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008) kata "dasar" berarti "asal yang pertama". Jika kata "dasar" digabungkan dengan kata "negara" maka akan menjadi dasar negara. Sehingga pengertian dasar negara adalah ajaran yang merupakan gagasan pemikiran tentang kehidupan dunia serta kehidupan bernegara menjadi pedoman dasar dalam mengatur, meemlihara, serta mengembangkan kehidupan suatu negara.

Dasar negara diharapkan membuat keadaan di setiap aspek kehidupan menjadi seimbang. Berikut fungsi dasar negara: 1. Dasar untuk berdirinya kedaulatan negara

Dasar negara adalah salah satu pernyataan paling mendasar bagi pedoman penyelenggaraan kehidupan bernegara. 2. Dasar kegiatan dalam penyelenggaraan negara Dasar negara merupakan pusat penyelenggaraan negara yang bertujuan untuk mewujudkan cita cita pelaksanaan ketatanegaraan suatu negara.

3. Dasar dan sumber hukum nasional Dasar negara merupakan norma tertinggi di suatu negara. Sehingga hukum yang berlaku menjadi dasar bagi semua kegiatan negara.

4. Dasar bagi hubungan antarwarga negara Dasar negara harus dijadikan dasar pada semua aktivitas warga negara. Selain itu, setiap bangsa memiliki pandangan berbeda beda.

Adanya perbedaan tersebut, maka lahirlah konsep dasar negara atau ideologi. Berikut macam macam dasar negara: 1. Sosialisme

Sosialisme adalah ideologi yang berpandangan adanya persamaan dan kesamaan dalam menjalani hidup. 2. Liberalisme Liberalisme adalah ideologi yang berpaham kebebasan.

Maksud dari ideologi yang berpaham kebebasan adalah adeanya pengakuan hak hak individual yang harus dilindungi dari campur tangan negara dan badan badan yang lain. 3. Marxisme Komunisme Marxisme Komunisme adalah salah satu jenis sosialisme yang mengajarkan tentang teori pertentangan kelas.

4. Fasisme Fasisme adalah suatu bentuk dari kediktatoran yang dapat dipersamakan dengan otoritas. Fasisme, menitikberatkan pada pola khusus aksi dan sangat tergantung pada pemimpin yang kharismatik.

5. Fundamentalisme Fundamentalisme adalah ideologi untuk menetapkan agama tertentu sebagai suatu sistem politik dalam negara. Lalu apa dasar negara Republik Indonesia?

Dasar Negara Republik Indonesia adalah Pancasila. Pancasila adalah dasar negara yang sesuai dengan nilai nilai budaya, sosial, dan nasionalisme bangsa dalam mewujudkan cita cita dan tujuan negara. Berikut nilai nilai yang terkandung dalam Pancasila:

1. Asas gotong royong 2. Asas kekeluargaan 3. Asas musyawarah

4. Asas keseimbangan dan keselarasan 5. Asas Bhineka Tunggal Ika 6. Asas kebersamaan hidup.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Pendidikan

KUNCI JAWABAN Tema 3 Kelas 5 SD Halaman 40 41 42 43 44 Buku Tematik: Identifikasi Alat Musik

Berikut pembahasan soal dan kunci jawaban tema 3 kelas 5 SD halaman 40, 41, 42, 43, dan 44 Buku Tematik Subtema 1 Pembelajaran 6. Buku Tematik Tema 3 untuk kelas 5 SD Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 ini berjudul Makanan Sehat. Dalam Pembelajaran 6 Subtema 1 ini terdapat pembahasan mengenai identifikasi alat musik. Kunci […]

Read More