KUNCI JAWABAN Tema 3 Kelas 5 SD Halaman 40 41 42 43 44 Buku Tematik: Identifikasi Alat Musik

Berikut pembahasan soal dan kunci jawaban tema 3 kelas 5 SD halaman 40, 41, 42, 43, dan 44 Buku Tematik Subtema 1 Pembelajaran 6. Buku Tematik Tema 3 untuk kelas 5 SD Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 ini berjudul Makanan Sehat. Dalam Pembelajaran 6 Subtema 1 ini terdapat pembahasan mengenai identifikasi alat musik.

Kunci jawaban ini merupakan pedoman orang tua atau wali dalam mengoreksi hasil belajar anak. Masih ingatkah kamu dengan iklan masyarakat berikut ini? Iklan tersebut ternyata memiliki beberapa kalimat. Amatilah iklan tersebut dengan saksama. Catatlah hal hal kecil yang menurutmu penting dan terdapat di dalam iklan tersebut. Jawaban:

Tema iklan Kata kunci iklan Kalimat iklan

Dayu, Lani, dan teman teman sekelompoknya sedang bekerja mempersiapkan tugas membuat iklan dengan topik gaya hidup sehat. Bagaimana cara mereka memulai membuat tugas tersebut? Simaklah percakapan Lani, Dayu, dan teman temannya! Lani: “Dayu, aku mau kalimat intinya seperti ini ya!”

Dayu: “Sepertinya kurang bagus, Lan. Kalau menurutku baiknya menggunakan kalimat buatan Udin. Lebih singkat, padat, dan jelas. Tidak apa apa, ya?” Lani: “Yah..begitu ya? Ya, sudahlahlah, aku ikut saja bagaimana baiknya.” Siti: “Kalau gambarnya bagaimana? Ada ide tidak, teman teman?”

Lani: “Karena ini berkaitan dengan gaya hidup sehat dan harus sesuai dengan kalimat Udin, maka aku usul bagaimana kalau gambarnya beberapa siswa yang berolahraga?” Udin: “Aku setuju, menurutku itu ide yang bagus.” Siti: “Aku juga berpikir begitu, yang lain bagaimana?”

Dayu: “Aku pikir bagus, Lan. Berarti kita semua sepakat, ya? Kita akan menggunakan kalimat miliknya Udin dan gambar dari idenya Lani, ya?” Semua teman: “Setuju!” Diskuskan dengan kelompokmu tentang:

1. Hal hal positif yang bisa diperoleh dari kerja kelompok. Jawaban: Dengan kerja kelompok kita dapat mempunyai rasa tanggung jawab, kerja sama, kekompakan, dan pekerjaan lebih cepat selesai.

2. Tantangan yang muncul saat kerja kelompok. Jawaban: Tantangan dalam kerja kelompok seperti saat timbul perbedaan berpendapat, ada anggota yang hanya mementingkan dirinya sendiri, dan tidak semua anggota mau ikut bekerja.

Ceritakan pengalaman pribadimu tentang perbedaan yang kamu hadapi saat berada di dalam lingkungan sekolah atau rumah. Jawaban: Perbedaan di lingkungan sekolah yang pernah saya hadapi saat saya harus pindah ke pulau Jawa dari pulau Sumatera.

Perbedaan kebudayaan, perbedaan bahasa dan nada yang digunakan saat berbicara, dan masih banyak yang lainya. Ternyata perbedaan justru membuat segala sesuatunya menjadi indah. Layaknya pelangi yang beraneka warna, begitulah seharusnya kita melihat perbedaan. Bayangkan jika semua pelangi memiliki warna yang sama. Tentunya kurang menarik untuk dipandang bukan? Bayangkan pula dalam sebuah iringan lagu, hanya terdapat satu alat musik saja. Pastinya akan terkesan monoton. Sebagaimana halnya perbedaan budaya dan adat istiadat, alat musik daerah pun bisa beraneka ragam bergantung dari daerah yang bersangkutan. Identifikasikan alat alat musik pada gambar. Apakah nama alat alat musik tersebut dan dari mana asalnya?

Jawaban: Gambar A Nama alat musik: Kecapi Asal daerah: Jawa Barat Gambar B Nama alat musik: Sasando Asal daerah: Nusa Tenggara Timur

Gambar C Nama alat musik: Kolintang Asal daerah: Sulawesi Utara Gambar D Nama alat musik: Angklung Asal daerah: Jawa Barat Apakah perbedaan alat musik A dan B?

Jawaban: Perbedaan Kecapi dengan Sasando terletak pada daerah asalnya, jumlah senar atau dawai, bahan tabung resonansi hingga cara memetiknya. Apakah perbedaan alat musik C dan D?

Jawaban: Perbedaan Kolintang dengan Angklung terletak pada daerah asal, bahan pembuatan, tabung resonansi hingga cara memainkannya. Apakah alat musik khas daerah tempat tinggalmu?

Jawaban: Saya tinggal di Jawa Tengah, alat musik khas Jawa Tengah adalah Gamelan. Pada kegiatan sebelumnya, kita telah membawakan lagu Mars Hidup Sehat dengan menggunakan alat musik ritmis sederhana. Kali ini kita akan berlatih sekali lagi menyanyikan lagu Mars Hidup Sehat dengan iringan alat musik ritmis sederhana. Selanjutnya tampilkanlah lagu mars tersebut bersama teman sekelompokmu di depan kelas. Setelah selesai, lakukanlah refleksi berikut ini.

Refleksi Kerja Kelompok • Apakah hal hal positif yang dapat kuperoleh dari kegiatan kerja kelompok ini? Jawaban:

Hal hal positif yang diperoleh dari kerja kelompok adalah belajar bertanggung jawab, melatih kerjasama tim, menghargai pendapat orang lain, dan mengasah keemampuan berpikir kritis. • Apakah tantangan yang aku hadapi saat kerja kelompok? Jawaban:

Tantangan yang muncul saat kerja kelompok antara lain adanya perbedaan pendapat, ada anggota yang hanya mementingkan dirinya sendiri • Apakah yang akan kulakukan untuk membuat kerja kelompok ini lebih baik? Jawaban:

Agar kerja kelompok lebih baik perlu membangun komunikasi yang baik dengan para anggota kelompok, setiap anggota kelompok harus memiliki rasa tanggung jawab untuk mengerjakan tugas kelompok dengan sebaik baiknya. Setiap orang memiliki pendapat dan pandangan yang berbeda. Menurutmu, sikap apa yang harus dimiliki agar dapat menyatukan berbagai perbedaan yang ada? Bersama dengan orang tuamu, cobalah temukan kegiatan kegiatan yang biasa kamu lakukan di rumah yang mencerminkan kerja sama antaranggota keluarga.

Apakah dalam keluargamu pernah ada perbedaan pendapat? Bagaimana keluargamu mengatasi perbedaan pendapat tersebut? *) Disclaimer: Kunci jawaban di atas hanya sebagai panduan bagi orang tua. Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Pendidikan

Apa itu Dasar Negara? Inilah Pengertiannya, Lengkap dengan Fungsi dan Macam-macamnya

Simak pengertian dasar negara lengkap dengan seluk beluknya. Setiap negara yang merdeka dan berdaulat, pasti memiliki alat kelengkapan negara. Satu di antaranya muncul konstitusi yang dijadikan sebagai dasar negara. Yakni sebagai kedudukan dasar negara sebagai norma tertinggi di suatu negara. Dasar negara yang dimiliki setiap negara tentu berbeda beda. Hal tersebut terjadi karena pengaruh nilai […]

Read More