Merawat Roots Blower Susah-susah Gampang? Cek Dulu Faktanya di sini!

ANLET Root Blower sudah sering dipergunakan sebagai water treatment pada hampir semua industry yang ada. Mengingat proses aerasi air pada segala jenis industri memang sangat dibutuhkan, maka sudah jelas industri apa pun memerlukan roots blower. Misal, di industri perikanan, air yang menggunakan blower telah diaerasi dan sangat dibutuhkan oleh para pelaku industri tersebut. Tentunya untuk menjaga agar ikan bisa hidup dengan baik dan sehat. Sebab, dengan semakin baiknya kadar oksigen, akan semakin bagus kualitas air.

Perawatan untuk ANLET Roots Blower

Sebagaimana mesin lainnya, Roots Blower ANLET juga memerlukan perawatan yang baik agar dapat bekerja dengan sangat baik dan prima. Berikut perawatan yang harus dilakukan:

Memeriksa Pelumas Mesin

Roots blower adalah sebuah mesin utama yang membutuhkan pelumas berupa oli. Hal ini bertujuan untuk meminimalkan gesekan pada mesin agak mesin bisa tahan lebih lama. Kualitas pelumasan baik, maka akan memperpanjang umur mesin roots blower. 

Anda perlu untuk melakukan pemeriksaan berkala untuk menjaga kualitas dan jumlah oli pada mesin. Jika kualitas olinya menurun, segera lakukan penggantian agar mesin tidak cepat aus. Apabila jumlah oli tidak sesuai dengan anjuran, Anda perlu menambahkan sesuai aturan yang disarankan.

Memeriksa V-Belt

Jika v-belt sudah bermasalah pada water blower, biasanya ditandai dengan suara yang berasal dari gesekan v-belt dengan pulley. Jika sudah seperti itu, berarti v-belt yang Anda gunakan kualitasnya sudah menurun. Bisa jadi v-belt tersebut  mengeras atau adanya retakan.

Memeriksa Pulley

Merawat sebuah roots blower termasuk juga melakukan pemeriksaan pulley. Tak jarang, pulley sudah aus tanpa Anda sadari. Biasanya ini diakibatan kurangnya perawatan. Apabila pulley aus, mesin blower jalannya tidak maksimal. Oleh sebab itu, pastikan pulley tersebut sudah terlumasi dengan baik. Jika rajin melakukan pengecekan pada pulley, maka mesin utama yang dimilik roots blower dapat bertahan lebih lama.

Jadi, jangan lupa untuk melakukan pengecekan dan perawatan berkala pada roots blower yang Anda miliki. Tujuannya sudah jelas, yakni untuk memperpanjang usia penggunaan mesin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.