Pengamat: Jika Produk Premium Dihapus, Pertamina Tak Wajib Turunkan Harga Pertamax

Wacana penghapusan bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium telah ramai diperbincangkan sejak akhir tahun 2020. Penghapusan BBM beroktan rendah tersebut (RON 88) rencananya akan dilakukan secara bertahap. Sejumlah pihak juga banyak yang mendukung dengan adanya renca tersebut.

Karena premium termasuk BBM beroktan rendah, sehingga menghasilkan gas buang dari knalpot kendaraan bermotor dengan emisi tinggi. Ada juga beberapa pihak yang mengatakan, penghapusan produk Premium juga harus dilakukan secara bersamaan dengan penurunan harga Pertamax RON 92. Direktur Eksekutif Energy Watch, Mamit Setiawan justru menilai hal tersebut dengan sebaliknya.

Menurutnya, Pertamina tak wajib menurunkan harga Pertamax meskipun produk Premium sudah dihapus. Menurut Mamit, harga Pertamax saat ini masih lebih murah jika dibandingkan BBM dengan kualitas serupa di lembaga penyalur swasta lainnya. Sebagai contoh, harga BBM jenis Pertamax di wilayah DKI Jakarta dipatok seharga Rp 9.000 per liter.

Sedangkan di SPBU Shell dengan produk Shell Super (RON 92) dibanderol seharga Rp 10.580 per liter, SPBU Vivo dengan produk Revvo 92 dihargai Rp 10.480 per liter, dan SPBU British Petroleum (BP) dengan produk BP 92 dibanderol dengan harga Rp 9.125 per liter. “Kalau dilihat, harga Pertamax Pertamina masih jauh lebih murah jika dibandingkan produk serupa di SPBU swasta lainnya,” sambungnya. Mamit juga mengingatkan, dalam penjualan produk Pertamax, Pertamina tidak mendapatkan keuntungan yang besar. Hal tersebut dikarenakan harga minyak dunia yang cenderung masih fluktuaktif.

Jadi, apabila masyarakat menginginkan harga Pertamax lebih murah lagi, solusinya adalah Pemerintah harus memberikan subsidi Pertamax. “Dengan harga minyak yang masih cukup tinggi seperti saat ini sebenarnya Pertamina tidak mendapatkan keuntungan yang besar,” ucap Mamit. “Pemerintah harus memberikan subsidi untuk harga Pertamax seperti diberikan kepada Solar subsidi. Hal ini akan lebih baik, dimana masyarakat bisa mendapatkan harga Pertamax lebih murah,” pungkasnya.

Sebagai tambahan informasi, Premium merupakan salah satu jenis BBM yang tidak sesuai ketentuan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Pasalnya, Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 20 Tahun 2017, menyebutkan, batas minimal nomor oktan atau research octane number (RON) bensin adalah 91. Maka dari itu, Pemerintah bersama Pertamina tengah berupaya untuk melaksanakan ketentuan tersebut.

Sebab, kebijakan ini merupakan aturan turunan dari ratifikasi Paris Agreement terkait penurunan emisi karbon dioksida.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sewa daya
Bisnis

Sewa Daya: Solusi Terbaik untuk Kebutuhan Listrik Anda di Jakarta

Ketika datang ke kebutuhan listrik yang handal di Jakarta, Sewadaya.id adalah nama yang harus Anda pertimbangkan. Dalam kota yang selalu sibuk dan penuh dengan aktivitas, keandalan pasokan listrik adalah sesuatu yang sangat penting. Apa yang terjadi jika terjadi pemadaman listrik mendadak di tengah acara penting atau saat bisnis Anda membutuhkan daya listrik tambahan untuk menjalankan […]

Read More
ukuran cincin wanita
Bisnis Fashion

Memilih Desain Perhiasan yang Cocok dengan Ukuran Cincin Wanita

Pernikahan, perayaan ulang tahun, atau momen istimewa lainnya seringkali dirayakan dengan pemberian perhiasan sebagai hadiah berharga bagi wanita. Namun, dalam memilih perhiasan, ada banyak aspek yang perlu dipertimbangkan, salah satunya adalah ukuran cincin wanita. Memilih desain dan model perhiasan yang sesuai dengan ukuran cincin dapat membuat hadiah tersebut semakin bermakna. Dalam artikel ini, kami akan […]

Read More
top up game
Bisnis

Mengoptimalkan Pengalaman Keuangan dengan Layanan Bank Sinarmas

Bank Sinarmas adalah mitra keuangan yang dapat membantu Anda dalam berbagai kebutuhan finansial, termasuk top up game dan penggunaan kartu ATM. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara melakukan top up game dengan mudah menggunakan layanan Bank Sinarmas dan mengungkap manfaat dari memiliki kartu ATM dari bank ini.   Apakah Anda penggemar game online? Bank […]

Read More