Pengertian dan Manfaat Rasio Keuangan

Setiap keputusan yang diambil sebuah perusahaan yang mana di sini berhubungan dengan keuangan, umumnya akan melalui sebuah pertimbangan rasio keuangan. Rasio keuangan bisa menjadi salah satu alat yang penting untuk para pelaku usaha dalam memonitor kemajuan mereka di dalam mencapai tujuan perusahaan dan juga untuk dapat bersaing dengan para kompetitor.

Analisis rasio ini dapat dilakukan dengan cara teratur dari waktu ke waktu serta juga bisa membantu perusahaan dalam beradaptasi dan mengenali tren yang mempengaruhi kinerja perusahaan itu sendiri. Selain itu juga rasio keuangan akan memberikan salah satu ukuran utama untuk keberhasilan sebuah usaha dari perspektif investor, bankir dan analisis bisnis.

Seringkali di sini kemampuan perusahaan dalam mendapatkan pembiayaan utang atau dikenal juga dengan ekuitas saham, bergantung pada rasio finansial perusahaan. Untuk lebih mengetahui lagi apa itu rasio keuangan serta apa manfaatnya, maka berikut ulasan lengkapnya.

Apa Pengertian dan Manfaat Rasio Keuangan?

Rasio keuangan merupakan salah satu cara atau metode analisa finansial yang dipakai sebagai indikator untuk menilai perkembangan sebuah usaha. Di dalam prosesnya di sini akan mengambil data dari laporan finansial selama periode akuntansi. Sehingga dengan begitu akan bisa diketahui kinerja maksimal financial dari perusahaan.

Rasio keuangan tersebut menawarkan cara guna mengevaluasi kinerja dari perusahaan mereka serta untuk membandingkan dengan bisnis serupa lain yang ada di industri tersebut. Selain itu juga rasio seringkali dipakai oleh seorang manajemen perusahaan dalam pengambilan sebuah keputusan terkait penyelamatan aset perusahaan, sehingga tidak salah dalam mengambil langkah.

Rasio keuangan dibuat dengan cara mengukur korelasi antara dua atau lebih komponen laporan finansial untuk memperoleh informasi yang berarti mengenai sebuah perusahaan. Rasio finansial paling efektif dipakai untuk membandingkan hasil selama beberapa periode, sehingga dengan begitu akan memungkinkan dalam melakukan tracking pada kinerja perusahaan dari waktu ke waktu serta untuk menemukan jika disini terdapat tanda masalah.

Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan mengetahui rasio keuangan tersebut. Manfaat itu antara lain yaitu:

Untuk Bisa Melacak Kinerja dari Perusahaan

Menentukan rasio keuangan tiap periode serta melacak perubahan nilai dari faktor-faktor yang dilakukan guna melihat tren yang di sini mungkin saja berkwmbang di perusahaan. Seperti contohnya rasio utang pada aset yang meningkat maka bisa menunjukkan bahwasanya perusahaan tersebut terbebani dengan utang dan yang mana pada akhirnya hal itu akan mungkin untuk menghadapi risiko gagal bayar

Membuat Penilaian yang Komparatif

Membandingkan rasio keuangan dengan kompetitor utama dilakukan dalam rangka mengidentifikasi apakah sebuah perusahaan memiliki kinerja yang lebih baik atau lebih buruk dibandingkan dengan rata-rata industri lainnya. Seperti contohnya disini membandingkan pengembalian aset antara perusahaan membantu analisis atau investor dalam menentukan perusahaan mana yang paling tepat dan efisien memakai asetnya.

Rasio keuangan itu sendiri dibedakan menjadi beberapa jenis antara lain yaitu:

Rasio Laba

Rasio laba dikenal juga dengan nama rasio profitabilitas di mana mengukur kemampuan perusahaan dalam menghasilkan pendapatan relatif pada aset neraca, ekuitas dan biaya operasi.

Rasio Hutang

Metode dalam melakukan analisa kemampuan perusahaan untuk melunasi hutang jangka pendek dan jangka panjang. Kemampuan tersebut memang sangatlah penting sebagai salah satu bahan pertimbangan bagi para investor dalam menanamkan dana atau modal.

Rasio Hutang Jangka Pendek

Rasio likuiditas merupakan rasio hutang jangka pendek di mana rasio keuangan ini mengukur kemampuan perusahaan dalam membayar kembali kewajiban mereka baik itu jangka pendek maupun jangka panjang.

Rasio Aktivitas

Masing-masing perusahaan pastinya mempunyai aktiva yang bisa dipakai di dalam proses produksi. Oleh karena itulah, di sini analisis aktiva bisa menganalisis kemampuan perusahaan di dalam memaksimalkan aktiva yang dimiliki untuk mendapatkan keuntungan. Dengan demikian akan bisa diketahui efektifitas aktiva yang dipakai.

Itulah tadi ulasan mengenai pengertian rasio keuangan serta apa saja manfaatnya bagi sebuah perusahaan. Bagi Anda yang saat ini tengah menjalankan sebuah usaha seperti contohnya UMKM dan tengah membutuhkan dana untuk melakukan pengembangan usaha, maka Anda bisa memperoleh pinjaman dana dari P2P lending. Proses pengajuan dana melalui p2p lending memanglah tergolong lebih mudah dan tidak rumit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bisnis

Rasio Keuangan : Fungsi, Jenis Serta Manfaatnya

Rasio keuangan merupakan salah satu metode analisis keuangan yang digunakan sebagai indikator penilaian perkembangan perusahaan, dengan mengambil data dari laporan keuangan selama periode akuntansi. Sehingga dapat diketahui kinerja keuangan perusahaan yang maksimal. Rasio ini sering digunakan oleh manajemen perusahaan untuk memutuskan kebijakan yang diberlakukan oleh perusahaan, untuk menyelamatkan aset perusahaan. Anda juga bisa menggunakan P2P […]

Read More
Bisnis

Tahapan Memulai Bisnis yang Sukses

Memulai sebuah bisnis memang tidaklah mudah, apalagi untuk mencapai kesuksesan. Tak hanya perlu menyiapkan modal, tetapi juga membutuhkan pengetahuan dan lainnya. Berikut ini bagaimana cara memulai sebuah bisnis yang harus kamu ketahui dari nol. 1. Memastikan Bisnis yang Didirikan Hal pertama tentunya adalah bisnis apa yang akan kamu rintis. Kamu harus menentukannya dan mempelajari tentang […]

Read More
Bisnis

Jenis Paket Menarik Yang di Tawarkan Zenwel Untuk Pelaku Bisnis Barbershop

Zenwel adalah platform digital yang biasa dipakai untuk pengelola bisnis salon ataupun Barbershop secara lebih mudah dan praktis. Aplikasi Barbershop dari zenwel tersebut menyediakan banyak sekali pilihan fitur yang menarik untuk konsumen supaya nantinya tidak kesulitan di dalam melakukan pengelolaan bisnis mereka. Tapi fitur tersebut berbeda tergantung paket yang digunakan maksudnya pengguna gratis dan pengguna […]

Read More