Sempat Down 7 Jam, Facebook, Instagram dan WhatsApp Minta Maaf

Tiga aplikasi media sosial Facebook, Instagram serta WhatsApp berangsur pulih setelah sempat tidak bisa diakses sekitar 7 jam lamanya. Kini ketiga aplikasi tersebut mengucapkan permintaan maaf kepada semua pengguna yang terkena dampaknya. "Mohon maaf untuk semua yang belum bisa menggunakan WhatsApp hari ini," tulis WhatsApp lewat Twitter.

"Kami secara perlahan dan berhati hati berusaha membuat WhatsApp berfungsi kembali." "Terima kasih banyak atas kesabaran Anda." "Kami akan terus memberi Anda informasi terbaru ketika kami memiliki lebih banyak informasi untuk dibagikan."

Permintaan maaf serupa juga diutarakan oleh Facebook dan Instagram. "Kepada komunitas besar dan bisnis di seluruh dunia yang bergantung pada kami: kami minta maaf," tulis Facebook. "Kami telah bekerja keras untuk memulihkan akses ke aplikasi dan layanan kami dan dengan senang hati melaporkan bahwa aplikasi telah kembali online sekarang."

"Terima kasih telah menemani kami." "Instagram perlahan tapi pasti kembali sekarang – terima kasih telah berhubungan dengan kami dan maaf telah menunggu!," tulis tim PR Instagram. Diberitakan sebelumnya, WhatsApp, Facebook, dan Instagrammengalami gangguan dalam waktu yang hampir bersamaan.

Dilansir , Facebook yang pertama kali melaporkan gangguan, sekitar pukul 22.55 WIB Senin (4/10/2021). Sebagian besar dari 2,8 miliar pengguna yang memiliki akun dari salah satu dari tiga aplikasi itu terpengaruh oleh pemadaman. Pemadaman media sosial juga mengakibatkan 60.000 karyawan Facebook tidak bisa terhubung ke sistem komunikasi internal perusahaan.

Bahkan anggota staf di California tidak dapat memasuki pusat data negara bagian. Ketika pengguna mencoba masuk ke Facebook, mereka melihat pesan Error 505. Facebook, yang dibuat oleh Zuckerberg pada 2004, membeli Instagram pada 2011 dan mengakuisisi WhatsApp dua tahun kemudian.

Seorang juru bicara dari Facebook menulis cuitan selama pemadaman: "Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami kesulitan mengakses aplikasi dan produk kami." "Kami sedang berusaha untuk mengembalikan semuanya normal secepat mungkin, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini."

Dalam tweet yang diunggah pada pukul 11.30 malam, @fb_engineering mengatakan: "Kepada komunitas besar orang dan bisnis di seluruh dunia yang bergantung pada kami: kami minta maaf." "Kami telah bekerja keras untuk memulihkan akses ke aplikasi dan layanan kami dan dengan senang hati melaporkan bahwa aplikasi telah kembali online sekarang." "Terima kasih telah menemani kami."

Hingga kini, Facebook, WhatsApp dan Instagram trending di Twitter. Tak ketinggalan sang CEO yang juga menjadi bahan perbincangan netizen di Twitter. Menurut , downtime hari ini adalah "pemadaman Facebook paling parah yang pernah tercatat."

Facebook, yang memantau hak online dan tata kelola internet, memperkirakan bahwa ekonomi global menderita kerugian $ 160 juta untuk setiap jam saat Facebook, Instagram, dan WhatsApp down. Adapun untuk pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg, Bloomberg melaporkan bahwa dia kehilangan $ 7 miliar karena aksi jual di pasar saham karena pemadaman. Menurut , Facebook telah mengirim "tim kecil" ke salah satu pusat data California untuk mengatur ulang servernya secara manual.

Masalah ini tidak hanya memengaruhi alat komunikasi email dan internet Facebook, tetapi juga tampaknya mencegah karyawan memasuki kantor secara fisik karena sistem lencana tidak berfungsi. Menurut Wakil Presiden Senior Cloudflare Dane Knecht, tampaknya Facebook menghadapi masalah DNS. Knecht menjelaskan di Twitter bahwa "DNS dan layanan lain Facebook sedang down dan rute Border Gateway Protocol (BGP) telah "ditarik dari internet."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *