Tahapan Memulai Bisnis yang Sukses

Memulai sebuah bisnis memang tidaklah mudah, apalagi untuk mencapai kesuksesan. Tak hanya perlu menyiapkan modal, tetapi juga membutuhkan pengetahuan dan lainnya. Berikut ini bagaimana cara memulai sebuah bisnis yang harus kamu ketahui dari nol.

1. Memastikan Bisnis yang Didirikan

Hal pertama tentunya adalah bisnis apa yang akan kamu rintis. Kamu harus menentukannya dan mempelajari tentang produk atau jasa apa yang akan kamu tekuni.

Misalnya bisnis kuliner, bisnis pakaian, bisnis bimbingan belajar, atau lainnya. Tak selalu harus sesuai dengan bidang atau ilmu yang sudah ditekuni, kamu bisa memulai hal baru. Penentuan bisnis apa yang akan dibuka juga bisa disesuaikan dari budget atau modal yang ada.

2. Menentukan Visi atau Misi Bisnis

Kemudian adalah memastikan apa visi dan misi apa yang diterapkan pada bisnis kamu. Hal ini sangatlah penting untuk dilakukan agar kamu memahami apa yang menjadi kelebihan bisnismu dibanding orang lain.

3. Tuliskan Rencana Bisnis

Selanjutnya buat dan tulislah rencana bisnis agar lebih mudah untuk memformalkan ide. Dengan menuliskan rencana bisnis, kamu dapat merampingkan proses penciptaan bisnis dan memikirkan semuanya secara metodis.

Perencanaan yang baik akan menghasilkan hasil yang lebih baik. Meskipun nantinya seiring berjalannya waktu, akan banyak hal yang berubah. Jika kamu melihat rencana awal, maka tidak akan  mudah untuk goyah dan tau harus apa.

4. Menyiapkan Modal

Selanjutnya tentu saja menyiapkan modal. Kamu perlu melakukan pengadaan uang fisik, menyiapkan uang yang siap untuk dilakukan transaksi, dan lainnya.

5. Memulai Bisnis

Jika semua poin di atas sudah ada, maka selanjutnya adalah mulai bisnismu. Jangan lupa untuk melakukan promosi baik dari mulut ke mulut, iklan di social media, atau sebagainya.

6. Catat semua Pengeluaran saat Memulai Bisnis dan Etika Bisnis Berjalan

Agar bisnis terus berjalan baik, kamu wajib memiliki catatan pemasukan, pengeluaran, dan membuat laporan. Hal ini nantinya dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan.

Agar semakin yakin memulai bisnis atau mengembangkan bisnis, kamu bisa membekali dirimu dengan ilmu melalui kuliah bisnis. Kamu bisa belajar di sekolah bisnis entrepreneur seperti Universitas Prasetiya Mulya. Kampus ini merupakan kampus bisnis terbaik di Indonesia yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk terjun langsung sebagai pebisnis, sejak tahun pertama. Pembelajaran berbasis teori dan praktik dilakukan seimbang, juga dengan kehadiran praktisi bisnis sepanjang perkuliahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Bisnis

Rasio Keuangan : Fungsi, Jenis Serta Manfaatnya

Rasio keuangan merupakan salah satu metode analisis keuangan yang digunakan sebagai indikator penilaian perkembangan perusahaan, dengan mengambil data dari laporan keuangan selama periode akuntansi. Sehingga dapat diketahui kinerja keuangan perusahaan yang maksimal. Rasio ini sering digunakan oleh manajemen perusahaan untuk memutuskan kebijakan yang diberlakukan oleh perusahaan, untuk menyelamatkan aset perusahaan. Anda juga bisa menggunakan P2P […]

Read More
Bisnis

Jenis Paket Menarik Yang di Tawarkan Zenwel Untuk Pelaku Bisnis Barbershop

Zenwel adalah platform digital yang biasa dipakai untuk pengelola bisnis salon ataupun Barbershop secara lebih mudah dan praktis. Aplikasi Barbershop dari zenwel tersebut menyediakan banyak sekali pilihan fitur yang menarik untuk konsumen supaya nantinya tidak kesulitan di dalam melakukan pengelolaan bisnis mereka. Tapi fitur tersebut berbeda tergantung paket yang digunakan maksudnya pengguna gratis dan pengguna […]

Read More
Bisnis

Pengertian dan Manfaat Rasio Keuangan

Setiap keputusan yang diambil sebuah perusahaan yang mana di sini berhubungan dengan keuangan, umumnya akan melalui sebuah pertimbangan rasio keuangan. Rasio keuangan bisa menjadi salah satu alat yang penting untuk para pelaku usaha dalam memonitor kemajuan mereka di dalam mencapai tujuan perusahaan dan juga untuk dapat bersaing dengan para kompetitor. Analisis rasio ini dapat dilakukan […]

Read More