Untuk Entrepreneur, Inilah 5 Pelajaran Bisnis dari Oprah Winfrey yang Perlu Kamu Tahu

– Kawan Puan, pasti kamu sudah familiar dengan nama Oprah Winfrey. Perempuan yang terkenal dengan acara bincang bincangnya ini memiliki kisah hidup yang sangat menginspirasi. Selain itu, dari kisah hidupnya kita juga bisa mengambil banyak pelajaran soal bisnis lo Kawan Puan!

Melansir dari situs Entrepreneur , ini 5 pelajaran bisnis dari Oprah Winfrey yang diambil dari kisah hidupnya. Yuk simak sama sama! Kawan Puan, keberhasilan Oprah saat ini sangat kontras dengan masa lalunya.

Lahir dari seorang ibu remaja yang tidak menikah, Oprah menghabiskan masa kecilnya tinggal di sebuah pertanian bersama neneknya dan hidup dalam kemiskinan. Saat berusia 6 tahun, Oprah mulai tinggal bersama ibunya, Vernita, di Milwaukee. Namun demikian, kondisi hidup Oprah masih sama saja, tidak ada yang berbeda.

Saat ibunya pergi bekerja, Oprah berulang kali mendapatkan pelecehan oleh kerabat laki laki dan seorang teman keluarga. Pelecehan ini membuat Oprah masuk ke pergaulan bebas. Pada usia 14 tahun, Oprah hamil namun bayi yang dilahirkannya tersebut meninggal segera setelah lahir.

Setelahnya, Oprah pindah ke Nashville untuk tinggal bersama ayahnya, Vernon. Di sinilah titik balik seorang Oprah Winfrey, Kawan Puan. Dengan aturan ketat sang ayah, Oprah menjadi siswa teladan dan memenangkan gelar Miss Black Tennessee.

Berkaca dari Oprah Winfrey, alih alih mendasarkan identitasnya pada kehidupan sebelumnya yang penuh kemiskinan, pelecehan, dan perilaku merusak diri sendiri, Oprah justru berfokus pada potensinya dan memulai jalan baru. Nah dari sini kita bisa belajar bahwa pengalaman masa tidak menentukan masa depan kita. Jangan jadikan kegagalan di masa lalu untuk menghalangi kita berkembang, termasuk dalam berbisnis.

Kawan Puan, belajar adalah salah satu cara untuk terus mengembangkan diri. Itulah yang ditekankan oleh Oprah Winfrey. Sempat masuk ke dalam pergaulan bebas, didikan sang ayah yang mendorongnya terus belajar menjadikan sosok Oprah sukses seperti sekarang ini.

Begitu juga dalam bisnis, semakin banyak pengetahuan kita, semakin baik juga dalam menjalankan sebuah bisnis. Kawan Puan, kesuksesan Oprah dapat dikaitkan dengan sifatnya yang berani mengambil risiko dan keluar dari zona nyamannya. Seperti yang kita ketahui bersama, Oprah memulai karirnya sebagai salah satu penyiar di sebuah stasiun radio daerah Nashville.

Ia menekuni profesi itu selama beberapa tahun sampai akhirnya ditawari bekerja di sebuah stasiun televisi lokal untuk melakukan penyiaran berita. Tidak ingin terus berada di zona nyamannya, Oprah memutuskan mengambil kesempatan itu. Dalam situasi yang sama, orang lain mungkin akan membiarkan rasa takut gagal untuk mencegah mereka mengambil risiko tersebut.

Namun bukannya berpuas diri, Oprah terus belajar dan berkembang. Begitu juga dalam bisnis, terus berkembang dan tidak berhenti pada satu titik adalah kunci kesuksesan. Ketika acara bincang bincangnya pertama kali dimulai, acara tersebut berfokus pada topik sensasional seperti kebanyakan acara talkshow lainnya.

Namun setelah merekam sebuah episode di mana seorang perempuan menemukan suaminya berselingkuh melalui acara TV, Oprah membuat keputusan untuk mengubah format acara agar selaras dengan nilai nilainya. Seperti yang dijelaskan Winfrey dalam artikel lain untuk O Magazine. “Saat itu saya memutuskan tidak akan pernah lagi menjadi bagian dari pertunjukan yang merendahkan atau mempermalukan manusia lain," jelas Oprah.

Sejak saat itu, The Oprah Winfrey Show mengalihkan fokusnya pada konten konten yang lebih baik lagi. Perubahan format ini terbukti bermanfaat, Kawan Puan. Dengan menyugguhkan konten yang autentik atau 'apa adanya', tidak merendahkan atau mempermalukan orang lain atau melebih lebihkan, acara TV Oprah meraih popularitas yang lebih besar lagi.

Hal yang sama juga bisa diterapkan dalam bisnis. Hindari klaim yang berlebihan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Kawan Puan, Oprah tidak mencapai puncak kesuksesan dengan terus mengejarnya.

Alih alih, tujuan utamanya adalah untuk memenuhi panggilannya sebagai guru dan melayani orang lain. Seperti yang dijelaskan oleh Oprah Winfrey dalam artikel untuk O Magazine: “Yang saya tahu dengan pasti adalah bahwa jika kamu ingin sukses, kamu tidak boleh menjadikan kesuksesan itu sebagai tujuan."

"Kuncinya adalah jangan khawatir tentang kesuksesan, tetapi berusahalah untuk menjadi 'signifikan' dan kesuksesan akan mengikuti dengan sendirinya," jelas Oprah. Menurutnya kita harus fokus melayani, bukan fokus mewujudkan kesuksesan karena dengan demikian kita dapat bekerja lebih baik lagi dan keberhasilan akan terwujud dengan sendirinya. "Bagaimana caranya meraih kesuksesan? Ketika kamu mengubah pola pikirmu dari mengejar kesuksesan dan lebih fokus malayani orang," kata Oprah.

Wah, kisah hidup Oprah Winfrey ini menarik sekaligus menginspirasi sekali ya Kawan Puan. Semoga kita bisa banyak belajar dari sosok keren satu ini! (*) Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uncategorized

Live Streaming SCTV, Chelsea vs Villarreal di Piala Super Eropa 2021, via Vidio.com

Chelsea akan berhadapan dengan Villarreal dalam laga UEFA Super Cup yang akan digelar Kamis (11/8/2021) Pukul 02.00 WIB. Pertandingan ini digelar di Windsor Park, Belfast, Irlandia Utara. Ini bisa menjadi trofi perdana musim ini bagi kedua pelatih, Thomas Tuhcel dan Unai Emery. Laga ini akan disiarkan di SCTV dan bisa diaskes secara streaming di Vidio.com. […]

Read More
Uncategorized

Mulai 1 Agustus, Pengajuan Dokumen Manifes Wajib Cantumkan NPWP

Dalam rangka meningkatkan kepatuhan perpajakan atas transaksi kepabeanan, mulai tanggal 1 Agustus 2021, pengajuan dokumen rencana kedatangan sarana pengangkut (RKSP) dan manifes kedatangan sarana pengangkut ( Inward Manifes t) oleh pengangkut wajib mencantumkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) penerima ( consignee ). Kemudian dalam pengajuan manifes keberangkatan sarana pengangkut ( Outward Manifest ), perusahaan sarana […]

Read More
Uncategorized

PT Liga Indonesia Baru Sudah Siapkan Aspek Pendukung Bergulirnya Kompetisi Liga 1 dan Liga 2

PT Liga Indonesia Baru (LIB) berencana menggulirkan kompetisi Liga 1 2021 pada 20 Agustus 2021. Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita mengaku pihaknya selaku operator penyelenggara kompetisi sepak bola Indonesia. Hanya saja, kata Lukita, pihaknya harus terlebih dahulu mengikuti instruksi pemerintah. “Pada saat pemerintah memberikan lampu hijau untuk kick off, sesegera mungkin kami memutar […]

Read More