Viral Pria Buat Lukisan Unik, Hanya Bisa Dilihat Pakai Efek Negatif, Mengaku Belajar secara Otodidak

Viral sebuah lukisan yang hanya bisa terlihat indah terkena efek negatif. Lukisan itu terungkap dalam video akun TikTok . Di awal video, lukisan tersebut hanya sekadar polesan pensil abstrak.

Tak lama kemudian, gambar tersebut berubah menjadi lukisan indah karena diberi efek sinar negatif. Pembuat lukisan itu pun mendapat banyak pujian lewat kolom komentar TikTok. Ia berasal dari Pati, Jawa Tengah.

Hasil lukisannya itu dinamakan invert art atau biasa disebut negative art. Mahakarya Andre itu memang hanya bisa dilihat menggunakan efek negatif. Ternyata, keahlian melukis Andre itu merupakan hasil belajarnya secara otodidak.

Ia mulai suka membuat negative art sejak ia masih kelas satu SMA, sekitar tahun 2016 2017. Ketika itu, ia terinspirasi oleh seniman negative art yang terkenal, Brian Lai. "Dari situlah saya mulai bertanya tanya, kok bisa sih warnanya berubah begitu."

"Akhirnya saya coba sendiri, dan rasanya seneng banget. Mulai sejak itulah saya suka negative art ," jelas dia ketika dihubungi, Minggu (17/10/2021). Pada saat itu lah, Andre mulai belajar menggamber sendiri dengan bekal referensi internet. Kemudian pada Oktober 2020, Andre lebih menekuni membuat negative art dan mulai mengunggah hasil karyanya di media sosial.

Bahkan berkat polesan tangannya, kini Andre bisa menghasilkan uang sendiri. "Saya coba post gambar saya di media sosial, akhirnya banyak yang ngedukung." "Alhamdulillah sekarang bisa open commission , bisa ngehasilin uang sendiri lewat menggambar," cerita dia.

Sampai saat ini, ia sudah menjual tujuh hasil lukisannya. Harga lukisannya pun beragam tergantung ukuran dan pesanan gambarnya. "Untuk harganya lukisan wajah ukuran A3 sekitar Rp 100 ribu, A2 Rp 150 ribu, dan A1 Rp 180 ribu."

"Kalau lukisan hewan atau pemandangan harganya sekitar Rp 80 150 ribu an," ucap dia. Untuk menjual karya lukisannya pun tidak tergolong mudah. Beberapa pembeli membatalkan pesanan ketika Andre menjelaskan jenis lukisannya.

"Rata rata yang order pas saya kasih tahu kalau gambarnya tidak dilihat pakai efek negatif jadinya aneh, mereka langsung cancel, " tandasnya. Andre menambahkan, ia perlu waktu selama 10 sampai 20 jam untuk menghasilkan lukisan negative art itu. Namun, waktu tersebut tentunya bergantung pada ukuran gambar dan seberapa detail gambar yang dibuat.

"Untuk satu karya sendiri saya biasanya memakan waktu 10 20 jam tergantung ukuran dan kedetailan," jelas dia. Adapun alat yang ia pakai melukis hanya berupa pensil jenis 2b biasa, pensil warna, dan crayon. Dia mengaku sudah membuat karya lukisan sudah mencapai ratusan gambar.

"Tapi yang saya simpan sampai sekarang sekitar 50 an gambar," lanjut dia. Andre pun menjelaskan tentang lukisan negative art. Dikatakannya, warna yang ingin ditunjukkan dalam lukisan merupakan kebalikan warna dari polesan pensil aslinya.

"Gambarnya harus dilihat dengan kebalikan warnanya. Semisal warna hitam, nah warna hitam ketika di lihat dengan efek negatif akan berubah menjadi warna putih, begitu pula sebaliknya." "Dapat di ambil kesimpulan bahwa negative art ini adalah kebalikan dari warna asli yang kita lihat," jelas Andre. Menurut Andre, teknik negative art itu bisa dilakukan dengan 2 cara.

Cara pertama, dengan mencoret suatu warna di kertas putih, lalu polesan tersebut dilihat memakai efek negatif. Hasil warna yang terkena efek negatif itu lah yang akan dipakai untuk melukis. "Misal, kita mau pakai warna biru nih. Nah, tinggal coret aja warna biru ke kertas, kemudian lihat pakai efek negatif."

"Warna yang udah diubah ke efek negatif itulah yang nanti akan kita pakai," kata dia. Untuk cara kedua, yakni dengan mengubah foto referensi yang akan kita gambar ke efek negatif terlebih dahulu. Setelah itu, hasilnya digambar ulang.

Tak disangka, video unggahan Andre itu viral hingga ditonton lebih dari 450 orang. Aksi tunjuk bakat Andre pun menuai pujian dari warganet. "KACAUU KEREN BGTT," tulis @nad******.

"Aaa woylaa keren bet dah," komentar @th******. "KOK BISA GITU SI? KEREN BANGET ASLI, SEMANGAT TERUS," tulis @sn*****.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Regional

VIRAL Sepasang Kekasih Putus karena Sama-sama Mengidap Thalassemia, Khawatirkan Keturunannya Kelak

Cerita sepasang kekasih harus mengakhiri hubungan 3 tahunnya karena idap kelainan darah, viral di media sosial. Keduanya sama sama menderita kelainan darah bernama thalassemia, yang bersifat genetik atau bawan dari lahir. Diketahui, jikalau keduanya menikah, kelainan thalassemia ini akan berdampak pada keturunannya kelak. Sosok sepasang kekasih ini terungkap pada video yang diunggah akun TikTok, @szasaccount […]

Read More
Regional

Kasus Covid-19 Melonjak, Satgas Kabupaten Grobogan Mulai Penyekatan hingga Semprot Disinfektan

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid 19 Kabupaten Grobogan terus menggenjot upaya pengendalian Covid 19, yang cenderung mengalami kenaikan selama dua pekan terakhir. Adapun kegiatan yang meliputi disinfeksi dilakukan dengan menyasar beberapa lokasi seperti Kantor Bank Mandiri Taspen, Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Grobogan, Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Grobogan dan Hotel Catra, sebagai […]

Read More
Regional

Gubernur Riau Dukung Alih Kelola Blok Rokan dari Chevron ke Pertamina

– Pemerintah Provinsi Riau siap mendukung proses peralihan Blok Rokan dari PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) ke Pertamina. Dengan dikelola langsung oleh Pertamina, diharapkan kedepannya Blok Rokan memberikan kontribusi yang semakin signifikan untuk pemenuhan kebutuhan energi migas nasional. “Kami berharap setelah proses transisi selesai, dan Blok Rokan dikelola Pertamina, hak pemerintah daerah untuk mengelola PI […]

Read More